POLA ASUH PERMISIF ORANG TUA DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU AGRESIF

Aditya Widyantoro,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh permisif orang tua dan konformitas teman sebaya secara bersama-sama terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII, (2) pengaruh pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII, dan (3) pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian regresi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII suatu SMP di daerah Sleman yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala pola asuh permisif orang tua, skala konformitas teman sebaya, dan skala perilaku agresif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan pola asuh permisif orang tua dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII secara bersama-sama dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai Fhitung 53,593 > Ftabel 3,058, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai Thitung 10,134 > Ttabel 1,976, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan konformitas teman sebaya terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII dengan nilai nilai signifikansi sebesar 0,000 dan Thitung 5,527 > Ttabel 1,976.

Kata kunci: pola asuh permisif, konformitas

Abstract

This research aimed to determine: (1) the influence of permissive parenting style and peers conformity on aggression behavior in class VIII students, (2) the influence of permissive parenting style on aggression behavior in class VIII students, and (3) The influence of peers conformity on aggression behavior in class VIII. The research was a regression research and used quantitative approach. The research sample were 155 students with purpossive sampling technique. The instrument used are permissive parenting style scale, peers conformity scale, and aggression behavior scale. The research result showed that: (1) there was a significance influence of permissive parenting style and peers conformity on aggression behavior in class VIII students with a significance value obtained at 0,000 and Fvalue 53,593 > Ftable 3,058, (2) there was a positif and significance influence of permissive parenting style on aggression behavior in class VIII students with significance value obtained at 0,000 and Tvalue 10,134 > Ttable 1,976, and (3) there was a positif and significance influence of peers conformity on aggression behavior in class VIII students with significance value obtained at 0,000 and Tvalue 5,527 > Ttable 1,976.

Keywords: permissive parenting style, conformity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.