PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMATANGAN KARIER PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNY
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap kematangan karier mahasiswa bimbingan dan konseling UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self regulated learning dan skala kematangan karier. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 22 mahasiswa (13,3%) memiliki self regulated learning dengan kategori tinggi, 144 mahasiswa (86,7%) memiliki self regulated learning dengan kategori sedang, dan tidak ada mahasiswa yang memiliki self regulated learning dengan kategori rendah; (2) sebanyak 53 mahasiswa (31,9%) memiliki kematangan karier dengan kategori tinggi, 113 mahasiswa (68,1%) mahasiswa memiliki kematangan karier dengan kategori sedang, dan tidak ada mahasiswa yang memiliki kematangan karier dengan kategori rendah, (3) self regulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kematangan karier mahasiswa bimbingan dan konseling UNY dengan sumbangan efektif sebesar 20,2%. Dengan demikian, diketahui bahwa dengan memiliki self regulated learning tinggi maka akan dapat meningkatkan kematangan karier.
Kata kunci: self regulated learning, kematangan karier
Abstract
The purpose of this study was determine the effect of self regulated learning toward career maturity on guidance and couseling students of Yogyakarta State University. This research was quantitative research. Scale of self regulated learning and scale of career maturity has used to collect the data. Data analysis was using simple linear regression analysis. The result of this study show that: (1) 22 students (13,3%) have high level of self regulated learning and 144 students (80,67%) have moderate level of self regulated learning; (2) 53 students (31,9%) have high level of career maturity and 113 students (68,9%) have moderate level of career maturity; (3) self regulated learning has positive and significant effect toward career maturity in guidance and couseling students of Yogyakarta University with effective contribution at 20,2%. Thus, it is known that by having high self regulated learning will be able to increase career maturity.
.
Keywords: self regulated learning, career maturity
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.