HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM DENGAN PERILAKU HEDONISME PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING

Handy Yoga Prasetyo,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara instensitas penggunaan instagram dengan perilaku hedonisme pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2017 yang berjumlah 77 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah skala intensitas penggunaan instagram dan skala perilaku hedonisme. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi melalui expert judgement, sedangkan uji reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien alpha sebesar 0,895 pada skala intensitas penggunaan instagram dan 0,725 pada skala perilaku hedonisme. Analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 25.00 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel intensitas penggunaan instagram berada pada kategori “tinggi” sebesar 52,% dan variabel perilaku hedonisme berada pada kategori “tinggi” sebesar 65%. Hasil pengujian hipotesis menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan instagram dengan perilaku hedonisme pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2017 yang dilihat dari nilai rhitung > nilai rtabel yaitu 0,458 > 0,286 dengan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat intensitas penggunaan instagram maka semakin tinggi tingkat perilaku hedonisme dan sebaliknya

 

Kata kunci: instagram, hedonisme

 

Abstract

This research aimed to investigate the correlation between intensity of the use of instagram and hedonism behavior of guidence and counseling students of State University of Yogyakarta period 2017. The approach in this study using a quantitative approach with a correlational type. The population of the research were 77 students of Guidance and Counseling of State University of Yogyakarta period 2017. The instrument of this study were the scale of intensity of the use of instagram and scale of hedonism behavior. The instrument validity test uses content validity through expert judgement, while the reliability test uses the Alpha Cronbach formula with an alpha coefficient of 0.895 on the intensity scale of instagram use and 0.725 on the hedonism behavior scale. Data analysis uses SPSS version 25.00 for windows. The result of this study indicate the intensity of the use of instagram in “high” category by 52% and the hedonism behavior is in “high” category by 65%. The result of hypothesis testing showed that there was a positive anda significant relationship between the intensity of instagram use and hedonism behavior in Guidance and Counseling students of State University of Yogyakarta period 2017 which was seen from the significance value of 0.000. this shows that the higher the intensity of instagram usage, the higher the level of hedonism behavior.

 

Keywords: instagram, hedonism


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.