EFEKTIVITAS MUSIK KLASIK TERHADAP PENURUNAN STRES AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH

Dara Istighfana M.S,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan stres akademik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas musik klasik (efek mozart) terhadap penurunan stres akademik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian dengan desain Quasi Experimental Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling yang melibatkan 2 kelas dari kelas VIII sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui tingkat tingkat stres akademik siswa yaitu instrumen skala tingkat stres akademik. Uji validitas isi melalui uji ahli, Sedangkan realibilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien alpha sebesar 0,850. Analisis data menggunakan uji beda (Uji-t) Hasil uji homogenitas menunjukan sama secara signifikan antara pretest kelompok eksperimen dan pada kelompok kontrol dengan p=0,646 dimana p>0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa p=0,000 dimana p<0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa musik klasik efektif terhadap penurunan tingkat stres akademik pada siswa.

 

Kata kunci: musik klasik (efek mozart), stres akademik.

 

Abstract

This research was conducted based on the problem of academic stress. Therefore this study was aimed to determining the effectiveness of classical music (Mozart's effect) on reducing academic stress in eighth grade students of SMP Negeri 2 Berbah. This research used a quantitative approach with a Quasi Experimental Design. The sampling technique used a Purposive Sampling which involved 2 classes from class VIII as the experimental group and the control group. The data collection used to determine the level of student academic stress is an instrument of academic stress level scale. Test the validity of the content through expert testing, while reliability used the Cronbach Alpha formula with an alpha coefficient of 0.850. Data analysis using different test (t-test). Homogenity test results showed significantly the same between the pretest of the experimental group and the control group with p = 0.646 where p> 0.05. Hypothesis test results indicated that p = 0,000 where p <0.05 thus it can be concluded that classical music is effective for reducing levels of academic stress on students.

 

Keywords: classical music (mozart effect), academic stress.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.