PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL TATAP MUKA PADA SISWA KELAS VIII

Adi Triyanto,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi sebab akibat. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 188 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala intensitas penggunaan media sosial dan skala interaksi sosial. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dengan SPSS versi 25.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara tingkat penggunaan media sosial terhadap tingkat interaksi sosial. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat intensitas penggunaan media sosial maka semakin tinggi tingkat interaksi sosial pada diri individu. Kontribusi yang diberikan intensitas penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial sebesar 3,4 % sedangkan 96,6% dipengaruhi faktor lain.

Kata kunci: Intensitas penggunaan media sosial, interaksi sosial tatap muka

Abstract

The aim of the research is to know how the influence of intensity of the use of social media towards social interaction of 8th grade class. This research used a quantitative approach with causal correlation analysis. The instrument have used was the scale of use of intensity social media and the scale of social interaction. This research subject is all of the 8th grade class. This research instrument is the scales of intensity of the use of social media and social interation. Data analysis used simple regression techniques with SPSS version 25.0 for Windows. The results showed that there was a positive influence between intensity of the use of social media matuary towards social interaction Its means that the higher the intensity of the use of social media level causing social interaction in higher level. The contribution of the use of social media matuary towards social interactions was 3.4% while 96.6% was influenced by other factors.

 

Keywords: Intensity of use of social media, interface social interactions


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.