PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2016-2018 FIP UNY

Yusup Tirto Agung Laksono,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling angkatan 2016 – 2018 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan populasi mahasiswa Prodi BK FIP UNY angkatan 2016 - 2018 sebanyak 250 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa, 2) gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa, 3) semua variabel bebas berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,135 dapat diartikan bahwa 13,5% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan gaya belajar. Sedangkan 86,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Prestasi Belajar

 

Abstract

This research aims to find out the effects of motivation and learning style on to learning achievement of Guidance and Counseling Program in the graduate study among the 2012-2018 admission year students of the Faculty of Education, Yogyakarta State University (YSU). This research is ex-post facto with population comprised the 2012-2018 admission year students of the Guidance and Counseling Study Program, FIP, YSU with a total of 250 students. The data were analyzed by means of multiple regression. Result of this research shows that: 1) learning motivation is take a positive effect and significant on the student’s learning achievement, 2) learning style are not take a direct effect significantly on the student’s learning achievement, 3) all the independent variables simultaneously effect the student’s learning achievement. The amoung of determination coefficient(R2) is 0,135 that means that 13,5% of student’s learning achievement are influenced by learning style and learning motivation. Meanwhile 86,5% are influenced by other variable that not included in this research.

 

Keywords: Learning Motivation, Learning Style, Learning Achievement


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.