EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP PENINGKATAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMP

Desy Ariska,

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok menggunakan media permainan kartu UNO terhadap peningkatan perencanaan karier siswa SMP Negeri 3 Sewon.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan menggunakan quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan purposive sampling yaitu 16 siswa kelas VIII yang memiliki skor kemampuan perencanaan karier pada kategori rendah dan siswa yang bersedia untuk menjadi subjek penelitian, subjek dikelompokkan menjadi dua kelompk yaitu 8 orang kelompok eksperimen dan 8 orang kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay terbuka dan skala deskriptif yang telah melalui uji vaiditas oleh expert judgement. Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan media permainan kartu UNO efektif untuk meningkatkan perencanaan karier siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata kemampuan perencanaan karier kelompok eksperimen pada pretest yaitu 14,87 menjadi 26,63 pada hasil rata-rata posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,012 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

 

Kata kunci: bimbingan kelompok kartu UNO, perencanaan karier

 

Abstract

 

This study aims to determine the effectiveness of group guidance using UNO card playing media to improve the students career planning of junior high school state 3 Sewon. This research is a quantitative research by using quasi experimental design with non-equivalent control group design. The subjects of this research were chosen with purposive sampling, namely 16 class VIII students who had career planning ability score in the low category and students who were willing to be a research subjects. Subjects were grouped to be two group namely 8 people were in experimental groups and 8 people were ini control groups. Data retrieval was done by using open essay test and descriptive scale that had passed validity test by expert judgment. The research data was analyzed by using descriptive statistics and wilcoxon test. The results showed that group guidance using UNO card game media was effective to improve career planning of student. That was showed from the average result of career planning ability of experimental group get 14.87 at pretest become 26.63 at posttest average result. The results of hypothesis test used wilcoxon test was got score significance 0.012 0.05 so Ha was accepted and Ho was rejected.

 

Keywords: group guidance, UNO card game, career planning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.