EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 1 KOTA MUNGKID
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama terhadap peningkatan etika pergaulan siswa kelas XI SMA N 1 Kota Mungkid. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi siswa yang mengalami gejala-gejala etika pergaulan rendah di SMA N 1 Kota Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive random sampling, dengan kriteria siswa kelas XI yang memiliki etika pergaulan rendah, yang terdiri 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa skala etika pergaulan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik non-parametrik uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama efektif terhadap peningkatan etika pergaulan (sig=0,012<0,05) dengan taraf signifikasi 5 %. Oleh karena itu bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama efektif terhadap peningkatan etika pergaulan pada siswa kelas XI SMA N 1 Kota Mungkid.
Kata Kunci: Etika pergaulan, teknik sosiodrama.
Abstract
This research aims to determine the effectiveness of sociodrama techniques on improving social ethics in class XI SMA N 1 Kota Mungkid.This research was conducted based on the condition of student who experienced low social ethics symptoms in SMA N 1 Kota Mungkid. This research was a quantitative study using a quasi experimental design with a non equivalent control group design. The research subjects were selected by using purposive random sampling technique, with the criteria of class XI students who had low social ethics, which were consisted of 8 students as the experimental group and 8 students as the control group. The instrument used in this study was a social ethics scale. The data analysis technique in this study was Wilcoxon non-parametric statistic. The results showed that group guidance using sociodrama technique was effective in improving social ethics (sig = 0.012 <0.05) with significance level was 5%. Therefore, group guidance using sociodrama technique was effective in improving social ethics students grade XI in SMA N 1 Kota Mungkid.
Keywords: Social ethics, sociodrama techniques.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.