HUBUNGAN STRESS DENGAN EFIKASI DIRI MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rizqi Nugraheni Susilowati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres dengan efikasi diri pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih mengerjakan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 256 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala stres dan efikasi diri. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif dan signifikan antara stres dengan efikasi diri pada mahasiswa yang bekerja part time (paruh waktu) dalam mengerjakan skripsi yang dialami pada sebagian mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (-0,647>0,138) dan nilai signifikansi sebesar 0,000; yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Nilai R sebesar -0,647 dapat diartikan jika semakin tinggi tingkat stres mahasiswa maka semakin rendah pula efikasi dirinya. Sebaliknya, semakin rendah tingkat stresnya semakin tinggi pula efikasi dirinya.

       

Kata Kunci: stres, efikasi diri, dan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan

 

Abstract                                  

This study aims to determine the relationship between stress and self-efficacy in students in doing thesis. This research is correlational research. The sampling technique uses proportional random sampling technique. The sample in this study were 256 students who were still working on thesis at the Faculty of Education. Data collection techniques use the method of stress scale and self-efficacy. The data analysis technique uses the correlation test. The results showed that there was a negative and significant relationship between stress and self-efficacy in students working part time (part time) in doing thesis experienced by some students of the Faculty of Education of YSU. This is indicated by the calculated r value greater than r table (-0.6647> 0.138) and a significance value of 0,000; which means less than 0.05 (0,000 <0,05). Stress variables contributed to the variable self-efficacy of 41.9%; while the remaining 58.1% is influenced by other factors not examined in this study.

              

Keywords: stress, self-efficacy, and students of the Faculty of Education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.