HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN INSTAGRAM PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRETEK

Dewi Endah Puspitasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku penggunaan instagram pada siswa kelas X di SMA N 1 Kretek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasioanal. Ukuran sampel penelitian sebanyak 101 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode skala likert. Uji validitas instrumen menggunkan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara harga diri dengan perilaku penggunaan instagram pada siswa di SMA N 1 Kretek. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,206. Artinya semakin tinggi tingkat harga diri seseorang , maka semakin tinggi tingkat perilaku penggunaan instagram dan sebaliknya. Nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,042. Hal ini dapat dijelaskan bahwa harga diri mempunyai hubungan sebesar 4,2% dengan perilaku penggunaan instagram.

 

Kata kunci: harga diri, perilaku penggunaan instagram

 

Abstract

This research aimed to investigate the correlation between self esteem and the behavior of using instagram of grade ten students of SMA Negeri 1 Kretek. The approach used in this study is a quantitative approach with a correlational type. The total of the sample taken were 101 students. The sampling technique applying in this study was a random sampling technique. The data collection was obtained by implementing the Likert scale method. The validity test of the instrument used product moment. While the reliability tested by using the Cronbach Alpha formula. The result of this study indicated that there was a positive and significant relationship between self-esteem and the behavior of using instagram of students grade ten of SMA N 1 Kretek. This was proven by the correlation coefficient (r) of 0.206. It meant that the higher the self-esteem the higher behaviorintensity of using instagram and vice versa. The coefficient of determination (r2) was 0.042. Therefore, this can be explained that self-esteem has a relationship with the behavior of using Instagram as much as 4.2%.

 

Keywords: self-esteem, behavior of using Instagram


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.