PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG

Dian Dwi Artanti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong sebanyak 286 siswa. Teknik sampling yang  digunakan  adalah  simple random sampling dengan jumlah 158 siswa. Instrumen pengumpulan data  yang  digunakan  berupa skala kontrol diridan skala prokrastinasi akademik. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas konstruk. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus  Alpha  Cronbach.  Hasil  uji reliabilitas instrumen pada skala kontrol diri memperoleh  skor  0,879;  dan  skala  prokrastinasi akademik memperoleh skor 0,886. Teknik analisis data dan uji  hipotesis  yang  digunakan  adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwakontrol diri berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik, dibuktikan dengan nilai koefisien regesi sebesar -0,677 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.

 

Kata Kunci: Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik

 

Abstract

This research aims to find out the effect of self -control on academic procrastination in 11th grades students of SMA Negeri 1 Gombong. The method of this research is ex post facto method.  The population of this research is 11th grades students of SMA Negeri 1 Gombong which amount is 286 students. Sampling technique used is simple random sampling which amount is 158 students. The instrument to collecting data used is self-control scale and academic  procrastination  scale.  The validity test of these instruments using construct validity. The reliability  test  for  these  instruments using Alpha Cronbach, and the result are 0,879 for self-control scale; and 0,886 for academic procrastination scale. The data  analysis of  this research  used is  simple  linear regression.  The result of this research shows that self-control has negatively and significant influence on academic procrastination, it is proved by regression coefficient value -0,677 and signification value 0,000<0,05.

 

Key words: Self-Control, Academic Procrastination.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.