HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KALASAN

Agnes Tri Mitayani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui adanya hubungan antara pola asuh permisif dengan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Kalasan 2) mengetahui tingkat minat belajar siswa SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Sampel penelitian berjumlah 182 siswa, menggunakan teknik kuota sampling. Pengumpulan data menggunakan skala pola asuh permisif dan minat belajar. Uji validitas menggunakan validitas logis melalui expert judgment dan validitas uji empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpa Cronbach’s. Uji normalitas data menunjukan kedua variabel memiliki distribusi normal, yaitu pada variabel pola asuh permissive nilai signifikansi 0,245 > 0,05 dan pada variabel minat belajar nilai signifikansi 0,179 > 0,05. Untuk uji linearitas menunjukan kedua variable linear, yaitu dengan nilai signifikansi 0,233 > 0,05. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment.Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan, 1)Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Kalasan, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,215 2) Sebagian besar siswa SMP Negeri 2 Kalasan memiliki tingkat minat belajar pada kategori sedang  sebanyak 111 siswa dengan presentase 60,9%.

Kata kunci : Pola Asuh Permisif, Minat Belajar

 

Abstract

The study aims to 1) find out the relationship between permssive parenting with the learning interest of students of Junior High School 2 Kalasan, 2) know the level of learning interest of students of Junior High School 2 Kalasan.The study uses a quantitative research approach with correlation analysis techniques. The sample of study consisted of 187 students, using simple random sampling technique. The data collection uses a scale of permissive parenting and interest in learning. The validity test uses logical validity through expert judgment and the validity of empirical tests. The reability test uses Alpha Cronbach’s technique. The data normality test shows that both variables have a normal distrbution with the variable permissive parenting significance value 0,245> 0,05 and the larning interest variable significant value 0.179 > 0,05. For linearity test shows both linear variables with a significance value of 0,233 > 0,05. The data analysis tecniques use Product Moment correlation analysis techniques. The study shows 1) there is a significant negative correlation between permissive parenting with the learning interest of students of Junior High School 2 Kalasan, with a correlation coefficient of -0,215 2) Most of the students of Junior High School 2 Kalasan level in learning interest in the medium category as many as 111 students with 60,9% precentage.

Keywords : permissive pattern, students’ learning interest

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.