EFEKTIVITAS TERAPI TAWA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA 11 YOGYAKARTA

Dhanang Suwidagdho,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMA 11 Yogyakarta; (2) Mengetahui apakah terapi tawa efektif untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif metodenya Quasi Experimental dengan desain nonequivalent control group design. Pada penelitian ini, populasi terdiri dari delapan kelas pada kelas 11. Sampel yakni kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol  yang ditentukan menggunakan Quote Purposive Sampling melalui pretest. Peneliti memberi terapi tawa pada kelompok eksperimen sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Kedua kelompok kemudian diberi posttest. Hasilnya siswa yang mengalami kejenuhan belajar kelompok eksperimen berjumlah 71% sedang kelompok kontrol 63%. Sedang uji hipotesis didapat sig 0,019 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak atau terapi tawa efektif untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa.

Kata kunci: kejenuhan belajar, terapi tawa, efektivitas terapi tawa

Abstract

The aims of this research are : (1) To understand the academic burnout level of the XI degree students of SMA 11 Yogyakarta; (2) To understand if the laugter therapy is effective to decrease the students academic burnout. This research is Quantitative which the method is Quasi Experimmental with nonequivalent control group design. In this research, the population are eight classes of the XI degree. The sample are XI IPA 4 class as the experimental class and XI IPS 3 as the control class which are choosen by Quote Purposive sampling through a pretest. Researcher did the laughter therapy to the experimental class while the control class didn’t get any treatment. The result showed that students who have academic burnout on experimental class was about 71% while the control class was about 63%. Whereas the hypothesis testing showed sig 0,019 ≤ 0,05 so the Ha is accepted and the Ho is rejected or means that laugter therapy are effective to decrease the student’s academic burnout.

Keywords: academic burnout, laughter therapy, laughter therapy effectiveness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.