SOSIODRAMA DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 8 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa-siswa terisolir di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah sosiodrama dapat meningkatkan interaksi sosial siswa terisolir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dalam bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama yang dimainkan oleh siswa-siswa terisolir. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswa terisolir yang berjumlah 12 siswa dikelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan skala dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbandingan rerata dan keterangan observasi. Pelaksana penelitian adalah peneliti sendiri sedangkan yang menjadi observer adalah Guru BK di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan interaksi sosial siswa terisolir dalam kelompok kecil dilihat dari peningkatan rerata pre-test yang naik 23,5 point dari 112,75 menjadi 136,25 pada post-test I siklus I dan naik 15,75 poin pada post-test II siklus II menjadi 157 poin serta dari analisis observasi yang dilakukan oleh oserver. Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis pada penelitian ini.
Kata kunci : interaksi sosial, sosiodrama
This research is based on presence of students isolated in 8 junior high school of Yogyakarta. This research was conducted for the purpose of know how sociodrama can increase social interaction of isolated students.This research is action research with sociodrama as the method that played by isolated students in the small group.The subject of this research are 12 isolated students at VIII class. Data collection methods used in this research were scales and observation.Technique data analysis used in research this are the ratio of mean and analysis observation. Implementing research is researchers itself while the become an observer is counseling teacher in 8 junior high schools of Yogyakarta. The research results show that sociodrama method can increase social interaction of isolated students in the small group seen from the rise in pre-test mean who rides 23.5 points from 112,75 be 136,25 in post-test I cycle I and up 15,75 points in post-test II cycle II to 157 points and from the analysis observation that done by oserver .The result of this research attest the hypothesis to this research.
Keywords : social interaction, sociodrama
Refbacks
- There are currently no refbacks.