APLIKASI KODE ETIK KONSELOR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MASA PLT

Lia Rofiatun,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang seberapa besar tingkat aplikasi kode etik konselor bagi mahasiswa S-1 BK UNY pada masa PLT. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa BK angkatan 2014 yang sudah melaksanakan PLT. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian 69 mahasiswa . Alat pengumpul data berupa skala tingkat aplikasi kode etik konselor. Uji validitas instrumen dilakukan dengan uji validitas isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,984. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat aplikasi kode etik konselor sebagian besar mahasiswa BK UNY (50,7%) termasuk kategori sangat tinggi, (2) Kualifikasi, kompetensi dan kegiatan profesional konselor (50,7%) termasuk kategori tinggi; hubungan (60,9%) termasuk kategori sangat tinggi; kerahasiaan dalam komunikasi dan hal-hal yang bersifat pribadi (53,6%) termasuk kategori tinggi; evaluasi, asesmen, dan interpretasi (73,9%) termasuk kategori sangat tinggi; pelanggaran terhadap kode etik konselor (71%) termasuk kategori sangat tinggi.

Kata kunci : Aplikasi, kode etik konselor

 

ABSTRACT 

This study aims to find out about how much the level aplication of counselor ethic codes for bachelor students on guidance and counseling program at Yogyakarta State University. Kind of this research is descriptive study by quantitative study. The research population is university student branch of 2014. This population study amount 69 student who have already done of PLT. This study instrument used level scale of aplication counselor ethic code. The instrument validity is conducted by content validity, while reliability test used Alpha Cronbach formula and got 0,984 reliability coefficient. Analysis technique used descriptive statistic. The results of this study shows that: (1) The level of aplication counselor ethic code on guidance and counseling student by percent 50.7 is very high category. (2) Qualification, competence, and professional activity by percent 50.7 is very high category; Counseling relation on by percent 60.7 is very high category; confidentiality within communication and have the private quality matter by percent 53.6 is high category; evaluation, assessment, and interpretation by percent 73.9 is high category; infraction within counselor ethic code by percent 71 is very high category.

Keywords: Aplication, counselor ethic code


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.