KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PERENCANAAN KARIR ANAK USIA SMP DI DUSUN JAMBUREJO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bentuk, faktor pendukung, dan faktor penghambat keterlibatan orang tua dalam perencanaan karir anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu orang tua R, D, dan S. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: Bentuk keterlibatan orang tua adalah memberikan saran memilih sekolah, memberikan masukan tentang sikap anak, menyekolahkan anak, memberikan waktu luang, menginformasikan pilihan sekolah, memberi arahan, memahami aspek karir, berdiskusi, mengetahui bakat dan minat, mengecek rapot, mengetahui kebutuhan anak, memiliki harapan karir, mendukung pilihan karir, mengenalkan pekerjaan orang tua, memberikan pengasuhan yang baik, dan mendorong membuat keputusan karir. Faktor pendukung adalah kesadaran terhadap peran dan tanggung jawab, keyakinan melakukan yang terbaik, permintaan anak, ketersediaan waktu, tenaga, keterampilan, dan pengetahuan orang tua. Faktor penghambat adalah kurangnya komunikasi dengan guru, kesibukan, pendidikan yang rendah, perbedaan pandangan dengan sekolah, dan tidak ada program dari sekolah.
Kata kunci : keterlibatan orang tua, perencanaan karir, anak usia SMP
Abstracs
The purpose of this study is to describe the forms, factors that support and inhibit parental involvement in children's career planning. The type of this research is descriptive qualitative. Research subjects is parents of R, D, and S. Data were collected by interview, observation, and documentation. Data analysis using interactive analysis model by Miles and Huberman. The results showed that: The form of parental involvement is to provide advice in choosing a school, provide input on attitudes that must be owned by children, scholing children, provide time allowances, provide information about school choices, direct children, understanding aspects of careers, discuss knowing aptitude and and interests of children, checking children's raport, understanding children's needs, have career expectation, supporting children's career choices, introducing parents' work, provide appropriate care, encourage children to make career decisions. 2) Factors supporting are awareness of roles and responsibilities, beliefs of doing the best for children, requests from children, availability of time, effort, skills and knowledge. 3) The inhibiting factors are lack of communication with the teacher, busy, low parental education, different views between school, and lack program from the school.
Keywords: parent involvement, career planning, junior high school children
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.