PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA YANG MENJADI PENGURUS OSIS DENGAN SISWA YANG BUKAN PENGURUS OSIS DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN

Satrio Aji Wicaksono,

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa pengurus OSIS dengan siswa bukan pengurus OSIS di SMK Muhammadiyah Salaman. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumplah 492 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 siswa, yang terdiri dari 36 siswa pengurus OSIS dan 36 siswa bukan pengurus OSIS, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, sedangkan instrumen penelitian berupa skala, yaitu skala motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Uji-T pada program SPSS For Wimdows Seri 16.0. Hasil penelitian dengan Uji-T menunjukkan thitung (-2,274) <  ttabel (-1,994) dengan angka signifikansi 0,026 dan mean (143.75 > 127.11) yang berarti terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa pengurus OSIS dengan siswa bukan pengurus OSIS, dimana motivasi berprestasi siswa pengurus OSIS lebih tinggi daripada siswa yang bukan pengurus OSIS, tetapi ada beberapa siswa yang bukan pengurus OSIS memiliki motivasi berprestasi yang tinggi.

 

Kata kunci: motivasi berprestasi, pengurus OSIS, bukan pengurus OSIS.

 

Abstract

This research was aimed to know the difference of performance motivation between OSIS-administrator students and non-OSIS administrator students in Vocational High School (SMK) Muhammadiyah of Salaman. The research population was all X and XI grade students numbered 492. The samples numbered 72 students comprise of 36 OSIS- administrator students and 36 non-OSIS administrator students, sample taking used a purposive sampling technique.. This was a quantitative research by a comparative style.. Data gathering method was conducted by a questionnaire, while the research instrument was in form of a scale include performance motivation scale. Data was analyzed using a T-test analysis technique in an SPSS For Windows series 16.0 program. The T-test results showed tcount (-2.274) < ttable (-1.994) with significance number 0,026 and mean (143.75> 127.11) means that there was a difference of performance motivation between OSIS-administrator students and non-OSIS administrator students, that performance motivation of OSIS-administrator students were higher than non-OSIS administrator students, however, there were some non-OSIS administrator students have a higher performance motivation.

 

Keywords: achievement motivation, OSIS management, and not OSIS management.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.