EFEKTIVITAS METODE CINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA SMA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode cinematherapy terhadap peningkatan konsep diri positif siswa kelas XI di SMA N 1 Magelang.Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan desain Nonrandomized Control Group, Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive samplingberdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru dan hasil analisis DCM, sehingga diperoleh kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan IPA 1 sebagai kelas kontrol.Teknik analisis data menggunakan independent sample t test melalui aplikasi SPSS for Windows 20.0 Version.Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri positifsiswa kelas XI SMA N 1 Magelang meningkat setelah diberikan layanan dengan metode cinematherapy. Hasil pengujian pelitian menggunakan independent sample t test menunjukan bahwa nilai signifikasi 0.000 < 0.05 dan hasil pre-test maupun post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata dari 166 menjadi 184,35 yang dapat dikatakan bahwa metode cinematherapy efektif terhadap peningkatan konsep diri positif siswa kelas XI SMA N Magelang.
Β
Kata Kunci: Metode cinematherapy, konsep diri positif
Β
AbstractThe purpose of this research is to describe the effectiveness of cinematherapy method toward improvement of positive self concept onππΌπ‘β grade student of SMA N 1 Magelang.The type of this research uses quasi experimental design with Nonrandomized Control Group design, Pretest-Posttest Design. The sample of this research was taken using purposive sampling technique based on observation result, interview with teacher and result of DCM analysis, thereforegrade XI IPS 4 obtained as experiment class and IPA 1 as control class. Data analysis techniques using independent sample t test through SPSS application for Windows 20.0 Version. The results indicate that the positive self-concept of ππΌπ‘β grade student of SMA N 1 Magelang increased after being given cinematherapy method service. The test result obtained by using independent sample t test shows that the significance value 0.000 <0.05 and the pre-test and post-test of the experimental class sustained an average increase from 166 to 184.35 which can be said that the method of cinematherapy is effective toward the improvement of positive self-concept of ππΌπ‘β grade student of SMA N 1 Magelang.
Β
Keywords: cinematherapy method, positive self concept
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.