PENGARUH RELIGIOSITAS TERHADAP KEMATANGAN EMOSI PADA SISWA KELAS X SMA N I SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Wahyu Sigit Permadi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat religiositas siswa, (2) tingkat kematangan emosi siswa, dan (3) pengaruh yang positif dan signifikan religiositas terhadap kematangan emosi siswa kelas X SMA N 1 Sewon.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 175 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa skala religiositas dan skala kematangan emosi. Uji normalitas menunjukkan kedua variabel memiliki distribusi normal, yaitu nilai signifikansi 0,051 lebih dari 0,05 pada variabel religiositas dan 0,200 lebih dari 0,05 pada variabel kematangan emosi. Uji linearitas menunjukkan kedua variabel linear, nilai Fhitung kurang dari Ftabel yaitu 1,108 kurang dari 1,498 dan nilai signifikansi 0,329 lebih dari 0,05. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan nilai signifikasi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat religiositas siswa sebagian besar pada kategori sedang yaitu sebanyak 55 siswa (31,4%), (2) kematangan emosi siswa sebagian besar pada kategori sedang yaitu sebanyak 65 siswa (37,1%), dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel religiositas terhadap variabel kematangan emosi dengan koefisien regresi 0,581 dan nilai signifikansi 0,000. Uji regresi linier sederhana menunjukkan Adjusted R Square variabel religiositas sebesar 0,334 sehingga sumbangan efektif religiositas terhadap kematangan emosi sebesar 33,4%.

 

Kata kunci: religiositas, kematangan emosi

 

Abstract

This research is aimed to investigate: (1) the religiosity of student, (2) the emotional maturity of student, (3) the positif and significant influence of religiosity on emotional maturity of grade x students in SMA N 1 Sewon.

This study applied quantitative method. The subjects of this research were 175 students using purposive sampling technique. The data were collected by using religiosity and emotional maturity scale as the instrument. The normality test showed that those two variables have normal distribution (significance value greater than 0.05). Normality test showed that both variables have normal distribution, that the significance value on religiosity variable is 0.051greater than 0,05 while emotional maturity variable is 0,200 greater than 0,05. Linearity test showed two variables is linear, Fcount less than Ftable is 1,108 less than 1,498 and significance value is 0,329 greater than 0,05. The data analysis technique employed in this study was simple regression linier technique with 5% of significance points.

The result show that: (1) 55 (31,4%) students performed religiosity in fair category, (2) 65 (37,1%) students performed emotional maturity in fair category, (3) religiosity had positive and significant effect on emotional maturity with a regression coefficient of 0.581 and a significance value of 0.000. The simple linear regression test show that Adjusted R Square religiosity variable is 0.334, so the effective contribution of religiosity on emotional maturity is 33.4%.

 

Keywords: religiosity, emotional maturity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.