PENGARUH KESENJANGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PROGRAM STUDI TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS MAHASISWA BK UNY
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesenjangan pengambilan keputusan program studi terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNY. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel penelitian dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan instrumen yang digunakan yaitu skala kesenjangan pengambilan keputusan program studi dan skala kesejahteraan psikologis. Uji validitas melalui validasi ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach dengan koefisien 0,94 pada skala kesenjangan pengambilan keputusan program studi dan 0,91 pada skala kesejahteraan psikologis. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 146 mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kesenjangan pengambilan keputusan program studi berpengaruh negatif signifikan pada kesejahteraan psikologis mahasiswa yang ditujukkan dari nilai signikansi (Sig.) (F=45,654; p<0,05). Berdasarkan koefisien determinasi sebesar 0,231 diketahui bahwa kesenjangan pengambilan keputusan mempengaruhi kesejahteraan psikologis mahasiswa sebesar 23% sedangkan 77% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Kesenjangan pengambilan keputusan, kesejahteraan psikologis, bimbingan dan konseling.
Abstract
This research aims to axamine the effect of the decision-making discrepancy study program on student’s psychological wellbeing of Guidance and Counseling of Yogyakarta State University This research uses a quantitative approach to the type of correlation causation. Sampling technique research using proportionate stratified random sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and instruments used are decision-making discrepancy study program and psychological well-being scales. The validity test through expert validation, while the reliability test using alpha cronbach technique with a coefficient of 0.94 on a decision-making discrepancy study program scale and 0.91 on psychological wellbeing. The subjects of this study are students of Guidance and Counseling of Yogyakarta State University consist of 146 students.The research showed that dicison-making discrepancy study program negative significantly influence on student’s psychological well-being which indicated from significant value (Sig.) (F=45,654; p<0.05). Based on the determination coefficient of 0.231 is known that dicision-making discrepancy affecting student’s psychological wellbeing by 23%, while 77% are influenced by other factors
Keyword:decision making discrepancy, psychological wellbeing, guidance and counseling.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.