PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BANJAREJO PURING KEBUMEN

Ita Nur Jannah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kemunikasi lisan memalui teknik sosiodrama pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Banjarejo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur putar spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 14 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan 2 siklus dan setiap siklus 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa kelas V SD Negeri 3 Banjarejo Puring Kebumen. Peningkatan kemampuan komunikasi lisan pada siklus I sebesar

24,80 dari kondisi awal 44,29 meningkat menjadi 69,09. Pada siklus II meningkat sebesar 12,20 dari kondisi awal

44,29 meningkat menjadi 81,29.

Kata kunci: kemampuan komunikasi lisan, teknik sosiodrama

Abstract

This research is for increasing the verbal communication skills through techniques sociodramas at 5th  grade students  in SD Negeri 3 Banjarejo Puring District of Kebumen. This research is a classroom action research with rotating spiral groove developed by Kemmis and Taggart. This research was conducted in SD Negeri 3 Banjarejo Puring Kebumen with research subjects are all students of class V as much as14 students. This classroom action research conducted by two cycles and each cycle of 3 meetings. Data collection techniques using observation sheets, interview and documentation. Data analysis technique in this research is quantitative descriptive statistic that is by finding the average. The results of this study indicate that sociodramas technique can improve verbal communication skills at 5th students of SD Negeri 3 Banjarejo Puring Kebumen. Increased verbal communication skills in the first cycle of 24,80 from 44,29 initial conditions rose to 69,09. In the second cycle increased by 12,20 from 44,29 initial conditions rose to 81,29.

Keywoards: verbal communication skills, techniques sociodramas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.