PENGGUNAAN MEDIA FILM DRAMA PENDEK UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PIRI I YOGYAKARTA

Lulut Putri Hamumpuni,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film untuk mengurangi kejenuhan  (burnout)  belajar  yang  dialami  oleh  Siswa  kelas  XI  di  SMA  PIRI  I Yogyakarta  Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini mengunakan metode penelitian quasi eksperimen. Pada tataran teknis dilakukan sebagai berikut: pra-treatment,   treatment,   dan   pasca   treatment.  Penentuan   sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah 15 siswa untuk kelompok eksperimen dan 15 Siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala psikologis kejenuhan belajar. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,862.  Uji  Hipotesis  menggunakan  Uji  T-tes            paired  sample  test.  Hasil akhir penelitian ini adalah penggunaan media film untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa terbukti efektif dengan nilai signifikan 0,00. Hal ini dapat dilihat dari nilai p = 0,00 < 0.05 artinya Ha diterima atau hasil akhir penelitian menunjukan bahwa intensitas menurun tingkat kejenuhan belajar siswa, berbeda secara siginifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media film  drama pendek pada kelompok eksperimen.

Kata kunci: Media Film, Kejenuhan (Burnout) belajar

Abstract

The aim of this research is for knowing effectivity using movie  for decreasing burnout or learning saturation that occurred in second grade of SMA N 1 PIRI Yogyakarta. This research is using quasi experiment method. At the technical level are pra-treatment, treatment, and pasca treatment. Sample determination is using simple random sampling. Sample for this research are 15 students for experiment group and 15 students for control group. Researcher is using learning saturation or burnout psychologies scale for data collection. Reliability result is using Alpha Cronbach which is equal to 0,862. Hypothesis Testing using the Test T-test paired sample test. Final result in this research is use of movie media for decreasing students learning saturation is effective with significant value 0,00. It can be looked from p= 0,00 < 0.05 it means research final result shows that intensity decreasing of students learning saturation is different significantly between before treatment and after treatment with short movie in experiment group.

Keywords: movie, burnout


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.