PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Septia Dian Kumalasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus-kasus pelanggaran kedisiplinan di sekolah oleh siswa dan beberapa pelanggaran yang dilakukan secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan pada siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas X siswa SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 396 siswa kemudian diambil sampel sebanyak 195 siswa yang diperoleh menggunakan teknik sampling proporsional dan taraf kesalahan 5%. Uji validitas instrumen menggunakan Pearson Correlation dengan syarat nilai koefisien validitas ≥ 0,3, hasil uji tersebut menyatakan kedua instrumen valid. Uji reliabilitas menunjukan skala konformitas teman sebaya memiliki koefisien 0.893 dan kedisiplinan memiliki koefisien 0.898. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan konformitas teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan koefisiensi regresi sebesar -0,573 dengan signifikansi 0,000. Artinya konformitas teman sebaya terbukti secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kedisiplinan.

 

Kata kunci: konformitas teman sebaya, kedisiplinan

 

Abstract

This research is motivated by cases of discipline violations in schools by students and some violations committed in groups. This study aims to determine the effect of peer conformity on discipline in students at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. This research uses quantitative approach. The subjects of this study are class X students of SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta 2016/2017 which amounted to 396 students and then taken a sample of 195 students obtained using proportional sampling technique and 5% error rate. Instrument validity test using Pearson Correlation with the condition of validity coefficient ≥ 0,3, the test result stated both instrument valid. Test reliability shows peer conformity scale has coefficient 0.893 and discipline has coefficient 0.898. The results showed that there is a negative and significant effect of peer conformity on student discipline of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta with a regression coefficient of -0.573 with significance 0.000. This means that peer conformity has been shown to significantly negatively affect discipline.

 

Keywords: peer conformity, discipline


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.