UPAYA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 3 BUKATEJA PURBALINGGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa pada kelas VIII A di SMP Negeri
3 Bukateja Purbalingga melalui diskusi kelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek
berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara.
Sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket efikasi diri akademik. Hasil uji validitas skala efikasi diri
akademik menyatakan bahwa dari 40 item dinyatakan valid sebanyak 36 item yang mencangkup semua indikator
kisi-kisi skala efikasi diri akademik dan dinyatakan tidak valid sebanyak 4 item. Pada uji reliabilitas instrument
koefisien 0,957 memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Penelitian dimulai dari penyusunan instrument, uji coba
instrument, dilanjutkan penerapan diskusi kelompok. Kegiatan diskusi kelompok dilakukan dengan dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri akademik dapat ditingkatkan melalui diskusi kelompok pada
siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 Bukateja. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil prasiklus
dengan hasil siklus I dan siklus ke II yang mengalami peningkatan sangat signifikan. Hasil prasiklus 87,63 (61%),
setelah dilakukan tindakan siklus I 103,38 (72%) kemudian siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 112,16
(78%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 24,53 (17%). Hal tersebut membuktikan bahwa teknik
diskusi kelompok dapat meningkatkan efikasi diri akademik.
Kata kunci : Efikasi diri akademik, diskusi kelompok, siswa SMP
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.