PENGEMBANGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE TUTOR TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN

Muhammad Zahrul Mahdi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Piyungan melalui bimbingan kelompok dengan metode tutor teman sebaya serta mendeskripsikan prosesnya. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII SMP  N 2 Piyungan dengan nilai matematika dibawah standar KKM. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi, sedangkan uji skala reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,926. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah; 1) Hasil belajar matematika siswa dapat ditingkatkan dengan pemberian bimbingan kelompok melalui metode tutor teman sebaya. 2) Prosesnya yaitu diawali dengan peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran ketika menentukan bahan ajar dan rancangan tindakan yang selanjutnya melakukan pre-test yang diteruskan dengan menentukan tutor. Setelah itu diberikan tindakan kemudian dilakukan post-test untuk mengetahui hasilnya. Pada siklus kedua dilakukan perbaikan berdasarkan refleksi kemudian dilakukan pengukuran hingga semua nilai siswa memenuhi target tindakan yaitu nilai melebihi KKM.

Kata kunci : bimbingan kelompok, tutor teman sebaya, hasil belajar matematika

Abstract

This study aims to improve students' mathematics learning outcomes in SMP Negeri 2 Piyungan through group counseling with peer tutoring methods and to describe the process. This study used action research model with qualitative approach. Subjects in this study were 27 grade VIII students of SMP N 2 Piyungan who had mathematical achievements under standard of KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). The research data was obtained using achievement test. The test validity of the instrument was based on content validity, while the test reliability was judged using Cronbach Alpha formula. The coefficient of reliability was 0.926. The data were analyzed  using quantitative descriptive technique. The results of this study were; 1) The students' mathematics learning could be enhanced usung of group counseling through peer tutoring method. 2) The process is started from researcher’s collaboration with teacher of subject matter when determining the materials and the design of actions, further pre-test was performed and continued by determining a tutor. After it the action or treatment was conducted, the students did the post-test to find out the results. It is find out that all students had met the target value of the treatment.

Keywords: group guidance, peers tutoring method, result of math learn


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.