TRAINER TEKNIK DIGITAL DILENGKAPI DENGAN MONITOR GRAPHIC LCD 128x64 BERBASIS MIKROKONTROLLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMON
Fatchul Arifin, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penggunaan project board untuk praktikum teknik digital di SMK Muhammadiyah 1 Temon membuat pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran praktikum berupa trainer teknik digital dilengkapi dengan monitor graphic LCD 128x64 berbasis mikrokontroller sebagai media pembelajaran praktikum mata pelajaran teknik digital di SMK Muhammadiyah 1 Temon dengan model Research and Development (R&D). Tahap pengembangan meliputi: studi pendahuluan, mengembangkan produk dan uji produk. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli media serta siswa sebagai pengguna. Metode pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil persentase kelayakan: (1) oleh ahli materi, aspek kelayakan isi diperoleh 94,29% dinyatakan sangat layak dilihat dari kesesuaian isi materi dengan SK dan KD. Aspek penyajian diperoleh 92,73% dinyatakan sangat layak dilihat dari kemampuan menyajikan materi secara runtut, dan menyajikan materi yang interaktif,. (2) oleh ahli media, aspek kriteria umum diperoleh 88,00% dinyatakan sangat layak dilihat dari kemampuan memberikan kemudahan penggunaan, keamanan untuk digunakan, serta manfaat untuk pembelajaran praktikum. Aspek kriteria khusus diperoleh 85,33% dinyatakan sangat layak dilihat kemenarikan disain tampilan, keteraturan tata letak komponen,kejelasan label dan simbol yang digunakan. (3) Oleh siswa, aspek kualitas isi diperoleh 80,51% dinyatakan sangat layak dilihat dari kepentingan penggunaan, kabel penghubung yang memadai, peningkatan minat dan perhatian siswa. Aspek kualitas pembelajaran diperoleh 79,64% dinyatakan layak dilihat dari kemampuan memberikan motivasi belajar, memberikan kemudahan merangkai rangkaian kerja dan membantu siswa dalam mengakses datasheet IC TTL. Aspek kualitas teknis diperoleh 79,57% dinyatakan layak dilihat dari ukuran dan jenis huruf yang mudah terbaca, kemenarikan tampilan trainer, dan kejelasan gambar yang disajikan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, trainer teknik digital dilengkapi dengan monitor graphic LCD 128x64 berbasis mikrokontroller dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran praktikum mata pelajaran teknik digital di SMK Muhammadiyah 1 Temon.
Kata kunci: Trainer, Teknik Digital, Graphic LCD 128x64
Kata kunci: Trainer, Teknik Digital, Graphic LCD 128x64
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v6i1.7441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)