PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING GUNA MELIHAT KEATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE PROTEUS

azaz tri wahyudi, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Adi Dewanto, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dibutuhkan peserta didik untuk mencapai kompetensi belajar peserta didik pada materi mengoperasikan software proteus; (2) mengembangkan LKPD berbasis project based learning pada materi mengoperasikan software proteus yang memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran menurut ahli dan guru mata pelajaran teknik kerja bengkel; (3) mengetahui tingkat kreativitas peserta didik dalam pembuatan suatu projek teknik kerja bengkel dengan menggunakan LKPD yang telah disusun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini melibatkan beberapa reviewer, yaitu tiga orang ahli, satu orang guru mata pelajaran teknik kerja bengkel, dan 29 siswa SMK kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) LKPD yang dibutuhkan oleh peserta didik adalah LKPD yang dapat menjadi sumber belajar peserta didik pada materi mengoperasikan software proteus, mudah dipelajari, menuntun peserta didik dengan jelas, dan meningkatkan kreatifitas peserta didik didalam proses pembelajaran maupun diluar pelajaran; (2) LKPD yang telah disusun memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penilaian LKPD oleh ahli dan guru mata pelajaran pada aspek kelayakan isi mendapat rerata skor (30,65) dalam kategori sangat baik, aspek bahasa mendapat rerata skor (17,00) dalam kategori sangat baik, aspek penyajian mendapat rerata skor (31,00) dalam kategori sangat baik, dan aspek kegrafisan mendapat rerata skor (22,50) dalam kategori sangat baik. (3) LKPD yang telah disusun mampu melihat tingkat kreativitas peserta didik. Hal ini dapat ditunjukkan melalui hasil observasi 1 sebesar 73,275%, sedangkan observasi 2 sebesar 83,91%. Rerata persentase dari tiap aspek menunjukkan terdapat peningkatan kreativitas secara keseluruhan sebesar 10,635%.
Kata Kunci: LKPD, Kreativitas, Kelayakan, Project Based Learning, Proteus.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v6i1.7440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter