RELEVANSI PENERAPAN KURIKULUM KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

M.Ridho Yoga, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suparman Suparman, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat relevansi dalam penerapan kurikulum kompetensi keahlian audio video dengan kebutuhan industri saat ini di Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,dengan metode pengumpulan data dari hasil wawancara terstruktur dan angket yang diberikan kepada responden dari pihak industri. penentuan responden dan lokasi penelitian berdasarkan data dari sekolah mengenai lokasi siswa melakukan kegiatan praktek industri. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari 18 kompetensi dasar yang mencakup 83 sub kompetensi dasar audio video terdapat 16 kompetensi dasar (88%) yang termasuk dalam kategori relevan dengan kebutuhan kompetensi di industri, dan 2 kompetensi dasar lainnya kurang relevan. Dan dari 83 sub kompetensi dasar terdapat 64,5% sub kompetensi yang relevan dengan kebutuhan kompetensi di industri. sedangkan 35,5% sub kompetensi sisanya tidak dibutuhkan oleh industri di Kota Bandar Lampung.
Kata kunci : Relevansi,Kebutuhan Industri, Kompetensi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v6i1.7439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter