PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI BAGIAN-BAGIAN DAN FUNGSI DARI SOUND SYSTEM PADA SISWA KELAS XI TAV SMK N 2 DEPOK SLEMAN
Herman Dwi Surjono, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pada kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsi dari sound system di SMK Negeri 2 Depok Sleman dan (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsi dari sound system yang dikembangkan. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang digunakan merujuk pada model pengembangan Alessi & Trollip (2001: 409-413) dengan tahapan perencanaan, pengembangan, dan uji coba. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI Teknik Audio dan Video. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket kelayakan media, angket kelayakan materi, angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kelayakan media pada multimedia pembelajaran interaktif instalasi sound system ditinjau dari penilaian ahli media mendapat penilaian dengan kategori layak yaitu sebesar 80,75% dan kelayakan materi pada multimedia pembelajaran interaktif instalasi sound system ditinjau dari penilaian ahli materi mendapat penilaian dengan kategori layak yaitu sebesar 88,75%.
Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, instalasi sound system, penelitian pengembangan.
Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, instalasi sound system, penelitian pengembangan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v6i1.7437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)