PRODUK MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA PERANCIS UNTUK SMA/MA POKOK BAHASAN FUTUR PROCHE
Totok Sukardiyono, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran bahasa Perancis pokok bahasan futur proche untuk kelas XI SMA/MA menggunakan Adobe Flash CS4 sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan masih minimnya media pembelajaran bahasa Perancis pokok bahasan futur proche untuk kelas XI SMA/MA, 2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran bahasa Perancis pokok bahasan futur proche untuk kelas XI SMA/MA. Instrumen penilaan media pembelajaran futur proche berupa angket skala 5. Sumber data penelitian adalah 2 ahli media, 3 ahli materi, dan 64 siswa kelas XI MAN 2 Kudus dan SMAN 2 Kudus. Hasil penelitian ini berupa: 1) produk media pembelajaran bahasa Perancis pokok bahasan futur proche untuk kelas XI SMA/MA. Media pembelajaran dibuat menjadi file yang siap dipresentasikan dengan format .exe yang dapat langsung dijalankan tanpa menggunakan aplikasi flash player. 2) media pembelajaran bahasa Perancis pokok bahasan futur proche ini membuat siswa antusias dalam mempelajari materi futur proche. 3) media pembelajaran bahasa Perancis pokok bahasan futur proche untuk kelas XI SMA/MA dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media dan uji coba siswa. Hasil uji media pembelajaran futur proche ditinjau dari segi media termasuk ke dalam kategori layak (73,33%). Ditinjau dari segi materi masuk ke dalam katergori sangat layak (84,56%). Berdasarkan respon penggunakan media oleh 64 siswa kelas XI MAN 2 Kudus dan SMAN 2 Kudus masuk dalam kategori sangat layak (87,57%).
Kata kunci: media pembelajaran, futur proche, ADDIE, kelayakan
Kata kunci: media pembelajaran, futur proche, ADDIE, kelayakan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i6.5181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)