PENINGKATAN MOTIVASI, KEMANDIRIAN, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

Ihtisyamah Zuhaidah, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sri Waluyanti, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengimplementasikan model Problem Based Learning pada kegiatan pembelajaran KKPI siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sleman; (2) mengetahui efektifitas model PBL dalam meningkatkan motivasi, kemandirian, dan hasil belajar mata pelajaran KKPI pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian diketahui: (1) keberhasilan implementasi PBL dipengaruhi oleh: kemampuan subyek dalam melaksanakan PBL di dalam kelas, pembagian kelompok yang sesuai, dan penyajian masalah yang sesuai; (2) PBL terbukti efektif menigkatkan motivasi, kemandirian, dan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sleman, dapat diketahui dari kenaikan masing-masing poin indikator motivasi dan kemandirian, sedangkan hasil belajar siswa diketahui meningkat dari 52,17% menjadi 69,57% lulus di atas KKM (75).
Kata kunci: PBL, KKPI, motivasi, kemandirian, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i6.5178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter