PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN PENGGUNAAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA MUHAMMADIYAH PIYUNGAN

Aang Kurniawan, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Totok Sukardiyono, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun modul pembelajaran yang sesuai dengan silabus mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI di SMA Muhammadiyah Piyungan; (2) menguji kelayakan modul pembelajaran Penggunaan Internet pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI di SMA Muhammadiyah Piyungan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media dan siswa. Hasil penelitian pengembangan antara lain (1) modul pembelajaran Penggunaan Internet disusun dengan baik sesuai dengan silabus mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Muhammadiyah Piyungan. (2) Hasil uji kelayakan ahli media diperoleh rerata sebesar 3,27 dengan kategori sangat baik. Hasil uji kelayakan ahli materi diperoleh rerata sebesar 3,36 dengan kategori sangat baik. Dari uji lapangan awal diperoleh rerata sebesar 2,84 dengan kategori baik, dan dari uji lapangan pelaksanaan diperoleh rerata sebesar 3,32 dengan kategori sangat baik. Sedangkan total rerata seluruhnya sebesar 3,20 dengan kategori baik, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa modul Penggunaan Internet layak untuk digunakan sebagai bahan belajar.
Kata Kunci : Modul, Penggunaan Internet, Uji Kelayakan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i6.5163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter