EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INSTALASI JARINGAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TKJ DI SMK N 1 PUNDONG
Sri Waluyanti, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-learning berbasis
moodle dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran instalasi jaringan
lokal kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK N 1 Pundong.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK N 1 Pundong yang
berjumlah 63 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert
judgement dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung taraf
kesukaran dan daya beda, selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan
program ITEMAN (Item and Test Analysis). Analisis data dilakukan dengan menggunakan
statistik deskriptif.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa penggunaan e-learning berbasis moodle cukup
efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran instalasi jaringan
lokal kelas x program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Pundong. Hal
ini terbukti dari hasil perhitungan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 80,13
dengan kriteria sedang lebih besar dari nilai rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 71,87
dengan kriteria sedang.
Kata Kunci: E-learning, Moodle, hasil belajar, instalasi jaringan lokal, efektivitas
moodle dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran instalasi jaringan
lokal kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK N 1 Pundong.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK N 1 Pundong yang
berjumlah 63 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert
judgement dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung taraf
kesukaran dan daya beda, selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan
program ITEMAN (Item and Test Analysis). Analisis data dilakukan dengan menggunakan
statistik deskriptif.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa penggunaan e-learning berbasis moodle cukup
efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran instalasi jaringan
lokal kelas x program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Pundong. Hal
ini terbukti dari hasil perhitungan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 80,13
dengan kriteria sedang lebih besar dari nilai rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 71,87
dengan kriteria sedang.
Kata Kunci: E-learning, Moodle, hasil belajar, instalasi jaringan lokal, efektivitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i5.5161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)