MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR PLC MATA PELAJARAN REKAYASA SISTEM KONTROL KELAS XII SMK NEGERI 2 WONOSARI
Muhammad Munir, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) merealisasikan media pembelajaran Simulator PLC, (2) mengetahui unjuk kerja Simulator PLC, (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Simulator PLC pada mata pelajaran Rekayasa Sistem Kontrol kelas XII di SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Dengan menggunakan metode pengembangan model ADDIE. Ujian kelayakan ahli dilakukan oleh dua ahli materi dan dua dari ahli media. Sedangkan untuk uji coba penggunaan dilakukan oleh tiga puluh dua siswa kelas XII SMK Negeri 2 Wonosari. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan software Simulator PLC yang memuat materi operasi logika AND, OR, NOT, operasi timer, counter, DIFU, DIFD, interlock dan KEEP. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 97,32% dikategorikan sangat layak, sedangkan hasil uji oleh ahli media sebesar 95,33% dikategorikan sangat layak. Hasil uji coba penggunaan oleh siswa, mendapatkan tingkat kelayakan sebesar 88,77% dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut Simulator PLC yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Rekayasa Sistem Kontrol di SMK Negeri 2 Wonosari.
Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Simulator, PLC
Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Simulator, PLC
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i5.5159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)