MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR PIR PARALLAX, HALL EFFECT, DAN SENSOR DS18B20 PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
fatchul Arifin, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Pada proses pembelajaran mata pelajaran sensor dan aktuator di SMK Muhammadiyah Prambanan selama ini masih menggunakan media project board dan komponen terpisah, sehingga kegiatan praktikum kurang maksimal. Pada penelitian ini, dilakukan (1) rancang bangun media pembelajaran, serta (2) diuji unjuk kerja dan (3) kelayakan dari media pembelajaran sensor PIR Parallax, Hall Effect, dan sensor DS18B20 pada mata pelajaran sensor dan aktuator di SMK Muhammadiyah Prambanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Obyek penelitian terdiri dari hardware trainer, software serta jobsheet. (1) Rancang bangun media pembelajaran sensor terdiri dari trainer yang dibagi menjadi beberapa blok rangkaian, software yang berfungsi untuk menampilkan grafik serta jobsheet yang mendukung kegiatan praktikum. Media pembelajaran ini divalidasi oleh 3 ahli materi serta 3 ahli media pembelajaran. (2) Hasil pengujian unjuk kerja dari trainer diketahui bahwa sensor dan rangkaian yang ada dapat bekerja dengan baik. (3) Hasil uji kelayakan media pembelajaran diperoleh persentase pada aspek materi 83.33%, aspek media 89.31% dan dari pengujian pemakaian 83.64%.
Kata kunci: media pembelajaran, PIR Parallax, Hall Effect, DS18B20
Kata kunci: media pembelajaran, PIR Parallax, Hall Effect, DS18B20
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i5.5149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)