PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN MIKROKONTROLLER DI SMK NEGERI 2 PURWOKERTO

Purwan Aksoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Munir, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam (1)
peningkatan Motivasi siswa dan (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mikrokontroller di Kelas
X SMK Negeri 2 Purwokerto. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas yang menggunakan
model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Purwokerto. Subjek
penelitian yaitu siswa kelas X Audio Video yang berjumlah 33 siswa. Objek dalam penelitian ini yaitu peningkatan
motivasi siswa pada mata pelajaran Mikrokontroller. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata - rata motivasi siswa pada pra tindakan 3,12%.
pertemuan pertama siklus I meningkat dengan rata – rata sebesar 12,5%. Selanjutnya persentase motivasi tersebut
meningkat pada pertemuan kedua siklus I sebesar 45,16%. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase motivasi
siswa sebesar 75%. Pada pertemuan kedua siklus II, persentase motivasi siswa sebesar 96,88%. Hasil belajar siswa
pada pre-test rata – rata 69,35. Pada pertemuan kedua siklus I rata – rata nilai yaitu 80,16. Pada pertemuan kedua
siklus II rata – rata nilai yaitu 85,16. Bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Audio Video pada mata pelajaran mikrokontroller.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i4.3455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter