PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN SOFTWARE SIMULASI PROTEUS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 2 DEPOK
Djoko Santoso, , Indonesia
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan
software simulasi Proteus dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada mata pelajaran penerapan
rangkaian elektronika siswa kelas XI Teknik Audio Video SMKN 2 Depok tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah
siswa sebanyak 30 orang. Penelitian dilakukan 2 siklus dan akhir siklus dilakukan evaluasi belajar siswa. Teknik
pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, tes evaluasi belajar, dan dokumentasi. metode yang
digunakan menganalisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Indikator keaktifan siswa, siklus I pertemuan pertama persentase keaktifan belajar siswa sebesar 51,33%,
pertemuan kedua meningkat 55,33%. Siklus II pertemuan pertama persentase 71,44%, pertemuan kedua meningkat
78,00%. Rata-rata keaktifan belajar siswa per siklus meningkat dari 53,33% menjadi 74,72%. Indikator prestasi
belajar siswa pada awal pra-siklus sebesar 23,33%, siklus I sebesar 53,33%, dan siklus II meningkat menjadi
83,33%.
software simulasi Proteus dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada mata pelajaran penerapan
rangkaian elektronika siswa kelas XI Teknik Audio Video SMKN 2 Depok tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah
siswa sebanyak 30 orang. Penelitian dilakukan 2 siklus dan akhir siklus dilakukan evaluasi belajar siswa. Teknik
pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, tes evaluasi belajar, dan dokumentasi. metode yang
digunakan menganalisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Indikator keaktifan siswa, siklus I pertemuan pertama persentase keaktifan belajar siswa sebesar 51,33%,
pertemuan kedua meningkat 55,33%. Siklus II pertemuan pertama persentase 71,44%, pertemuan kedua meningkat
78,00%. Rata-rata keaktifan belajar siswa per siklus meningkat dari 53,33% menjadi 74,72%. Indikator prestasi
belajar siswa pada awal pra-siklus sebesar 23,33%, siklus I sebesar 53,33%, dan siklus II meningkat menjadi
83,33%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i7.2311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)