PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE SISWA KELAS X TEI DI SMK N 2 PENGASIH

Evi Tirina Suwantri, , Indonesia
Djoko Santoso, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Question Student Have dalam
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Teknik Listrik pada siswa kelas X TEI di SMK N 2
Pengasih. Jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TEI
yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, pada setiap akhir siklus dilakukan tes hasil
belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, tes hasil belajar, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
X TEI pada mata pelajaran Teknik Listrik. Pembanding hasil tindakan siklus I digunakan pra siklus dan
pembanding hasil tindakan siklus II digunakan siklus I. Indikator aktivitas belajar siswa siklus I dan siklus II yang
paling menonjol adalah memperhatikan penjelasan guru, mendengarkan penjelasan guru, dan membuat catatan
materi.Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata persentase
aktivitas belajar siswa pada siklus I 70,37% dan pada siklus II 87,22%. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan
dengan pelaksanaan tes di setiap akhir siklus. Pembanding hasil tindakan siklus I digunakan pra siklus yaitu rekap
hasil nilai ulangan semester ganjil dan pembanding hasil tindakan siklus II digunakan siklus I. Peningkatan hasil
belajar siklus I rata-rata sebesar 77,74. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I ada 20 siswa yang tuntas dan
presentase ketuntasan sebesar 64,52%. Siklus II rata-rata sebesar 79,69. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I ada
24 siswa yang tuntas dan presentase ketuntasan sebesar 75%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i7.2307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter