UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATAPELAJARAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PONJONG
Slamet Slamet, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar Dasar-Dasar Elektronika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share siswa kelas X Audio Video SMK Negeri 1 Ponjong.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model rancangan spiral yang dikembangkan oleh Hopkins (2010). Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas X AV SMK Negeri 1 Ponjong yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: Hasil observasi kedisiplinan siswa pada silkus I pertemuan pertama sebesar 48,27% mengalami peningkatan menjadi 62,02% pada pertemuan kedua, dan siklus II pertemuan pertama sebesar 72,41% mengalami peningkatan menjadi 75,86% pada pertemuan kedua. Data tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan siswa setelah dikenai tindakan pada siklus I dan siklus II.Nilai rata-rata hasil belajar tes tertulis pada siklus I sebesar 73,34 dengan siswa yang telah memenuhi nilai KKM > 75 sebanyak 12 siswa atau 41,37%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,03 dengan siswa yang telah mencapai nilai KKM > 75 menjadi 23 siswa atau 79,31%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i7.2304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)