MEDIA PEMBELAJARAN GERBANG LOGIKA DASAR PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGER 1 NANGGULAN
Handaru Jati, , Indonesia
Abstract
SMK merupakan lembaga pendidikan formal yang memberikan lebih banyak praktikum daripada teori. Metode praktikum membutuhkan sarana pendukung seperti media pembelajaran. Tetapi pada kenyataan ketersediaan media pembelajaran tidak mencukupi. Pengembangan media pembelajaran yang menarik, sangat diperlukan guna mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang pengembangan Media Pembelajaran Gerbang Logika Dasar. Tahap Pengembangan produk meliputi 1) Identifikasi Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Ujicoba Pemakaian, 7) Produk Akhir. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan kuesioner (angket). Validasi media pembelajaran melibatkan tiga ahli materi dan tiga ahli media, serta ujicoba pemakaian dilakukan oleh 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran sudah sesuai dengan rancangannya sebagai media pembelajaran gerbang logika dasar di SMK Negeri 1 Nanggulan. Hasil validasi isi memperoleh tingkat kelayakan dengan persentase sebesar 81,67% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi konstrak memperoleh tingkat kelayakan dengan persentase sebesar 85,41% dengan kategori sangat layak. Uji pemakaian oleh siswa kelas X program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 1 Nanggulan memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 80,08%, sehingga media pembelajaran gerbang logika dasar ini dikategorikan layak sebagai media pembelajaran untuk program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 1 Nanggulan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i8.2248
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)