PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 2 PENGASIH DALAM MEMAHAMI KONSEP SENSOR DAN AKTUATOR DENGAN METODE MIND MAPPING

Panji Sutowo, , Indonesia
Slamet Slamet, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas yang dibagi menjadi peningkatan penunjang terbentuknya kreativitas dan sikap pendukung kreativitas siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih setelah diterapkan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri tahun ajaran 2014/2015 di SMK Negeri 2 Pengasih yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kreativitas dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran sensor dan aktuator. Peningkatan kreativitas meliputi peningkatan penunjang kreativitas dan sikap pendukung kreativitas. Rata-rata presentase komponen penunjang kreativitas siswa pada setiap siklus meningkat dari 65,94% menjadi 88,44%. Rata-rata presentase sikap pendukung kreativitas siswa pada setiap siklus meningkat dari 66,50% menjadi 87,13%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v4i8.2237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter