PENGEMBANGAN TRAINER AUDIO AMPLIFIER CLASS D DAN CLASS H SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Suparman Suparman, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh realisasi dan mengetahui tingkat kelayakan trainer audio
amplifier class D dan class H sebagai media pembelajaran kelas XII Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengembangan media pembelajaran ini merujuk pada model yang ditawarkan
Sugiyono. Tahap pengembangan media pembelajaran meliputi (1) Identifikasi Potensi dan Masalah, (2)
Pengumpulan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi
Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, (9) Revisi Produk dan (10) Produk Akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hasil pengembangan media pembelajaran sudah sesuai dengan rancangan sebagai media pembelajaran audio
amplifier class D dan class H di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil kelayakan oleh ahli materi memperoleh
persentase sebesar 89, 17% dengan kategori sangat layak. Hasil kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase
sebesar 84,15 dengan kategori sangat layak. Uji pemakaian oleh siswa kelas XII program keahlian Teknik Audio
Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 85,44%. Dari ketiga
perolehan tersebut, media pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak digunakan untuk mata pelajaran
perencanaan dan instalasi sistem audio program keahlian Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3
Yogyakarta.
amplifier class D dan class H sebagai media pembelajaran kelas XII Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengembangan media pembelajaran ini merujuk pada model yang ditawarkan
Sugiyono. Tahap pengembangan media pembelajaran meliputi (1) Identifikasi Potensi dan Masalah, (2)
Pengumpulan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi
Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, (9) Revisi Produk dan (10) Produk Akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hasil pengembangan media pembelajaran sudah sesuai dengan rancangan sebagai media pembelajaran audio
amplifier class D dan class H di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil kelayakan oleh ahli materi memperoleh
persentase sebesar 89, 17% dengan kategori sangat layak. Hasil kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase
sebesar 84,15 dengan kategori sangat layak. Uji pemakaian oleh siswa kelas XII program keahlian Teknik Audio
Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 85,44%. Dari ketiga
perolehan tersebut, media pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak digunakan untuk mata pelajaran
perencanaan dan instalasi sistem audio program keahlian Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3
Yogyakarta.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i3.2180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)