PENGEMBANGAN TRAINER PEMBELAJARAN TEKNIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA TAV SMK NEGERI 2 KLATEN

Fatih Septian Taufik Kurohman, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fatchul Arifin, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Selama ini pembelajaran di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar terdapat materi Teknik Digital. Setiap melakukan praktikum masih menggunakan simulasi program. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Pengembangan trainer pembelajaran teknik digital; (2) Mengetahui unjuk kerja trainer pembelajaran teknik digital; (3) Mengetahui tingkat kelayakan trainer teknik digital untuk siswa TAV SMK Negeri 2 Klaten.
Tahap penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini meliputi: 1) analisis, 2) desain produk, 3) implementasi, 4) evaluasi. Objek Penelitian ini adalah trainer pembelajaran teknik digital, dengan jobsheet praktikum sebagai bahan pendukung trainer. Trainer ini berisi beberapa perangkat yaitu : perangkat masukan yang menggunakan saklar toggel, perangkat keluaran berupa led, perangkat catudaya, perangkat utama dan penampil gelombang serta pengukur tegangan yang dibuat dengan IC AT-Mega 16 dan LCD alphanumberic. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini meliputi pengujian dan pengamatan terhadap pengembangan trainer. Pengujian kelayakan dilakukan dengan memberikan angket kepada para ahli dan siswa kelas X Teknik Audio-Video SMK Negeri 2 Klaten. Adapun validasi media pembelajaran ini melibatkan 3 ahli materi dan 3 ahli media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dikembangkannya trainer pembelajaran teknik digital. Trainer tersebut dikemas dalam suatu kotak dengan perangkat-perangkat trainer yang saling terintegrasi dan jobsheet praktikum pembelajaran yang mendukung kegiatan praktikum. (2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran ini termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 83.75%, ahli media sebesar 86.85%, dan dari hasil uji pemakaian terhadap siswa sebesar 85.2%. Dari hasil uji kelayakan tersebut, media pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Elektronika Dasar Teknik Audio-Video SMK Negeri 2 Klaten, sehingga didapatkan produk akhir media pembelajaran trainer Teknik digital.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v7i4.14057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter