PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N I Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017, (2) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N I Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017, (3) Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N I Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar tehadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran ekonomi SMA N I Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan sebesar 2,236 > sebesar 1,980 pada taraf signifikan 5%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajarane ekonomi SMA N I Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukan dengan sebesar 2,948 > sebesar 1,980 pada taraf signifikan 5%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar (X1) dan lingkungan keluarga (X2) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas XI SMA N I Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan 9,363 > sebesar 3,09 dengan taraf signifikan 5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggota IKAPI. 2004. Amandemen UUD 1945 perubahan pertama, kedua, ketiga dan keempat dalam satu naskah. Yogyakarta : Media Pressindo.
Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Hadi, S. 2004. Metodologi Reaserch. Yogyakarta : Andi
Setianingrum.2011. Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar. Skripsi. Universitas Kristen Setia Wacana Salatiga
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung :Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode PenelitianBisnis. Bandung : Alfabeta
Sugiyono . 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilku dan Prestasi Siswa.Jakarta : Grasindo
UU No 20.Tahun 2003.Sistem pendidikan Nasional. Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.