PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Katarina Y Sagulu, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N I Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017, (2) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N I Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017, (3) Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N I Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar tehadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran ekonomi SMA N I Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan   sebesar 2,236 >  sebesar 1,980  pada taraf signifikan 5%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI  mata pelajarane ekonomi SMA N I Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukan dengan     sebesar 2,948 >    sebesar 1,980  pada taraf signifikan 5%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar (X1)  dan lingkungan keluarga (X2)  terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas XI  SMA N I Kasihan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan     9,363 >  sebesar 3,09 dengan taraf signifikan 5%.


Keywords


hasil belajar, disiplin belajar, lingkungan keluarga

Full Text:

PDF

References


Anggota IKAPI. 2004. Amandemen UUD 1945 perubahan pertama, kedua, ketiga dan keempat dalam satu naskah. Yogyakarta : Media Pressindo.

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hadi, S. 2004. Metodologi Reaserch. Yogyakarta : Andi

Setianingrum.2011. Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar. Skripsi. Universitas Kristen Setia Wacana Salatiga

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode PenelitianBisnis. Bandung : Alfabeta

Sugiyono . 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilku dan Prestasi Siswa.Jakarta : Grasindo

UU No 20.Tahun 2003.Sistem pendidikan Nasional. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.