PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA N 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Seffri Indah Cahyanuari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. Berdasarkan tingkat explanasinya, penelitian ini termasuk penelitian assosiatif kausal. Penelitian ini juga merupakan penelitian sensus karena seluruh anggota dijadikan responden.Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbach’s Alpha. Metode analisis data menggunakan regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran secara parsial maupun secara simultan terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung 44,482 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (p) < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,447 atau 44,7% yang mengindikasikan bahwa motivasi belajar ekonomi siswa dapat dijelaskan oleh variabel persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran sebesar 44,7%, sedangkan sisanya 55,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti


Keywords


Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian untuk Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmara, A. (2015). Pengaruh Kreativitas Belajar, Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Abidin, M (2012). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research 1. Yogyakarta: Andi.

Khasanah, N. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Mukti, T. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar pada Kompetensi Kejuruan Akuntansi Kelas XI SMK YPKK 1 SLEMAN Tahun Ajaran 2015/2016.

Nuqfaizah, K. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Sardiman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunyoto, D. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Undang-Undang Repubik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.