KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Kartika Agustin Pramesti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru ekonomi SMA N Kota Yogyakarta dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dilihat dari kesiapan guru dalam 1) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan 3) melaksanakan penilaian pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 disemua jenjang kelas dan sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 di kelas X saja dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesiapan guru Ekonomi dalam menyusun Rencana RPP di sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 semua jenjang kelas berada dalam kategori sangat siap dan sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 di kelas X berada dalam kategori sangat tidak siap. 2) Kesiapan guru Ekonomi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 disemua jenjang kelas berada dalam kategori siap dan sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 di kelas X berada dalam kategori tidak siap. 3) Kesiapan guru Ekonomi dalam melaksanakan penilaian pembelajaran di sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 disemua jenjang kelas berada dalam kategori tidak siap dan sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 di kelas X berada dalam kategori siap.

Keywords


Kesiapan guru, Implementasi, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Candradiningrum, Diah,K. (2015). Kesiapan Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di DIY Dalam Mengimplementaskan Kurikulum 2013. Skripsi: UNY

Dakir. (2006). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Diakses melalui http://www.pendidikan-diy.go.id/file/produk_hukum/dokumen-kurikulum-2013.pdf pada tanggal 13 Oktober 2016 pukul 20:38 WIB.

__________. (2016). Tahapan Implementasi 2013. Diakses melalui http://kurikulum.kemdikbud.go.id/infos pada tanggal 24 Januari 2017 pukul 11.25 WIB.

M. Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sabzian, F., & Gilakjani, A. B. (2013). Teacher’s attitudes about computer technology training, professional development integration, experience, anxiety, and literacy in English language teaching and learning. Internatioan Journal of Applied Science and Technology, 3(1), 67-75.

Sutrisna, Edy &Wasino. (2010). Pembelajaran IPS Dalam Realita Di Era KTSP: Studi Eksplorasi Pelaksanaan Pembelajaran IPS Pada SMP Di Kabupaten Pati:Paramita Vol 20. No 2. Hlm 179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.