FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU EKONOMI SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN

Alung Mutia Dayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, tingkat pendidikan dan iklim kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Variabel penelitian ini adalah disiplin kerja, tingkat pendidikan dan iklim kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah guru ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Sleman sebanyak 23 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan analisis faktor dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Metode analisis yang digunakan adalah regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh secara simultan disiplin kerja, tingkat pendidikan dan iklim kerja terhadap kinerja guru. Secara parsial terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, sedangkan tingkat pendidikan dan iklim kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Kinerja guru dipengaruhi oleh disiplin kerja, tingkat pendidikan dan iklim kerja sebesar 58,1%, sedangkan sisanya 41,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Kinerja Guru; Disiplin Kerja; Tingkat Pendidikan; dan Iklim Kerja.

Full Text:

PDF

References


Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Vol 9 No. 2. Diambil pada 15 Juni 2017, dari http://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/view/1809/1501

Barnawi & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fakhrizal. (2016). Iklim Kerja. Diambil pada 10 Januari 2017, dari http://www.jejakpendidikan.com/2016/10/iklim-kerja.html

Hasibuan, M. S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurriyati, R. (2016). Kualitas Guru Kita. Diambil pada 10 Januari 2017, dari http://www.pikiran-rakyat.com/opini/2016/05/04/kualitas-guru-kita-368286

Manafe, S. Z. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen (Studi di Universitas PGRI NTT). Diambil pada 15 Juni 2017, dari http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4116

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Rosda.

Pujiyanti & Iroah. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Ciamis. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume 2, No. 1. Diambil pada 12 Oktober 2016, dari

http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1191/1002

Shodiqin & Mindarti C. S. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru yang dimodernisasi oleh Iklim Organisasi pada MI Sekecamatan Winong Kabupaten Pati (Studi Kasus pada Guru-guru MI Sekecamatan Winong Kabupaten Pati). Diambil pada 16 Juni 2017 dari http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/viewFile/3272/879

Siregar, F.N.K & Thomas, P. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo. Economic Education Analysis Journal. Volume 4 No. 1. Diambil pada 15 Januari 2017, dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4694

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sutarmi. (2016). Sertifikasi Guru Tak Pengaruhi Hasil UKG. Diambil pada 5 Desember 2016, dari http://antarayogya.com/berita/339147/mendikbud-sertifikasi-guru-tidak-pengaruhi-hasil-ukg

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.

Triatna, C. (2015). Perilaku Organisasi. Bandung: Rosda.

Wulansih, H. (2014). Analisis Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Perusahaan Furniture CV. Mugiharjo Kragilan Boyolali. Diambil pada 15 Juni 2017, dari

http://eprints.ums.ac.id/28033/19/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.