IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN PERMAINAN TIC TAC TOE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2016/2017

Novita Anggraini Widyastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2016/2017 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) dengan permainan Tic Tac Toe. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 SMA N 1 Sewon. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil belajar ekonomi siswa X MIA 4 SMA N 1 Sewon menunjukkan 42.857% siswa telah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88.571% siswa telah mencapai KKM. Siswa yang masuk dalam kategori minat tinggi pada siklus I sebesar 14.286%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91% siswa masuk dalam kategori minat tinggi.

Keywords


model pembelajaran Team Game Tournament (TGT);permainan Tic Tac Toe; minat belajar ekonomi; hasil belajar ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (2003). UU No.20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Nana Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Utomo Dananjaya. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia.

Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.