EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016
Eric Vernando Virgiantoro,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan efektifitas model pembelajaran kooperatif learning tipe Quick on the draw dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Tempel, 2) Menganalisis perbedaan kemandirian dan hasil belajar antara siswa yang mengikut pembelajaran dengan model pembelajaran Quick on the draw dan metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas berupa metode pembelajaran Quick on the draw serta variabel terikat berupa kemandirian dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan didapati kelas XC sebagai kelompok kontrol dan kelas XD sebagai kelompok eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Metode Quick on the draw efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa, 2) Terdapat perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa secara signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran ekonomi dengan metode ceramah dan metode Quick on the draw
Keywords
Keefektifan; Metode Quick on the draw; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar.
References
Boyi Anggara. (2007). Pembelajaran Sejarah yang Berorientasi pada Masalah-Masalah Sosial Kontemporer. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI). Universitas Negeri Semarang, Semarang, 16 April 2007 Depdiknas. Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran.
Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar (Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran
di Kelas). Translated by Wasi Dewanto. Jakarta: PT.Indeks.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Taufiq, A., Mikarsa, H.L., dan Prianto, P.L. 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.