EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MARKET INFORMATION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR

Rusmiatun Rusmiatun, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Efektivitas strategi pembelajaran market information untuk meningkatkan kerjasama peserta didik. (2) Efektivitas strategi pembelajaran market information untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi. (3) Perbedaan kerjasama dan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran market information dan diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalet control group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS SMA N 1 Sentolo. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang menghasilkan kelas X1 IIS 2 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IIS 1 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kerjasama belajar, tes prestasi belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Independent T-Test dan Paired T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran market information efektif untuk meningkatkan kerjasama peserta didik. Means kerjasama peserta didik kelompok eksperimen 13,50 sedangkan kelompok kontrol 9,40. (2) Strategi pembelajaran market information efektif dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi. Means prestasi belajar kelompok eksperimen 7,863 sedangkan kelompok kontrol 6,818. (3) Terdapat perbedaan kerjasama dan prestasi belajar ekonomi peserta didikĀ  yang menggunkan strategi pembelajaran market information dan strategi pembelajaran diskusi kelompok.


Keywords


Market Information; Kerjasama Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ginnis, Paul.(2008). Trik & Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT Indeks

Hosnan, M.(2013). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Ghalia

Mukhtar Samsu & Rumini.(2002). Pendidikan Anak Bangsa Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: PT Nimas Multima

Mulyasa, E.(2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono.(2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Wina Sanjaya.(2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.